Blogger news

Active Search Results

Sunday, July 15, 2012

Memasang ring pada kaki burung kenari


     Cara memasang ring pada kaki burung kenari
Pemasangan ring pada burung kenari dilakukan pada saat anakan kenari berumur 5 – 10 hari. Jika pemasangan ring dilakukan setelah kenari remaja/dewasa dan dipaksakan akan menyebabkan luka pada kaki burung, bahkan dapat berujung pada kematian. Bila ring dipasangkan pada kenari remaja/dewasa dengan ukuran diameter ring lebih besar tentunnya bisa saja, tapi beresiko mengurangi kepercayaan terhadap breeder dan bagi burung itu sendiri akan mengganggu jari-jarinya karena cincin akan selalu jatuh ke bawah di atas jari jari burung.


Teknik atau langkah-langkah pemasangan ring atau cincin pada pada kaki kenari :
  • Siapkan ring/cincin yang akan dipasangkan.


  • pada anakan kenari yang berusia 5 - 10 hari pegang kaki anakan burung kenari yang akan di pasangkan ring / cincin dengan sangat berhati - hati dan sefleksibel mungkin karna "(tulang kaki anakan kenari masih sangat rawan patah)", jangan terlalu di tarik, pastikan burungdalam keadaan kenyang, untuk menghindari gerakan - gerakan yang dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan.


  • masukkan ring pada ketiga jari anakan burung yang paling depan secara perlahan."( pastikan identitas ring jangan sampai terbalik )"



  • Lalu geser keatas melewati jari ke empatnya dengan perlahan - lahan, bila ukuran kaki anakan kenari terlalu besar dan jika ring sulit untuk digeser, sebaiknya pemasangan ring di usahakan memberi pelicin pada ring atau kaki anakan kenari berupa handbody, beby oil, minya kelapa, atau semacamnya, bila masih sulit untuk digeser maka jangan dipaksa berarti umur burung sudah terlampaui untuk diberi ring.



  • jika tidak adahambatan sewaktu menggeser ring, geser ring hingga terlepas dari jari ke empat.



  •  jika jari kaki ke empat sulit untuk dibengkokkan, usahakan untuk memutar ring secara perlahan.



  • pastikan jari ke empat burung tidak terjerat ring. posisikan kaki pada posisi yang benar.



  • Bila ukuran kaki anakan kenari agak besar, sebaiknya pemasangan dibantu dengan mengoleskan kaki dan ring dengan ; hand body atau baby oil atau minyak tawon


  • Jika pemasangan ring telah selesai, amati anakan kenari yang telah terpasang ring/cincin selama 1 minggu agar ring/cincin tidak merosot keluar. Hal ini penting karena aktifitas anakan kenari dapat mengeluarkan ring/cincin tetapi hanya sebatas pergelangan jari, bila hal ini terjadi segera mungkin masukan kembali ring tersebut keposisi semula. Jika hal ini di biarkan akan menyebakan cacat permanen pada jari setelah kemari besar pada bagian jari kaki kenari.


Berikut Gambarnya :


Photobucket                 

Cara memotong ring pada kaki burung kenari
     Dalam kondisi tertentu, misalnya kaki burung timbul kerak atau membesar, maka cincin atau ring burung hasil penangkaran akan menimbulkan gangguan yang serius. Oleh karena itu ring seperti itu harus dipotong.
     Dalam memotong cincin atau ring burung ini tidak boleh asal-asalan. Sebab, kecerobohan bisa berakibat fatal pada kaki burung.
     Pemotongan cincin atau ring bisa memakai tang pemotong kawat biasa jika ring berbahan logam tipis. Kalau tebal, dapat kita gunakan kikir besi karena penggunaan tang tidak akan bisa karena beresiko kaki burung akan ikut terpotong, begitu pula dengan penggunaan gergaji sama beresiko juga. Untuk menghindari resiko cacat pada kaki burung, saya lebih suka memasang ring yang berbahan logam tipis.

Cara pemotongan
     Berdasar pengalaman selama ini, alat pemotong logam cincin burung yang efektif adalah kikir besi. Tetapi apa pun alatnya, yang lebih penting lagi adalah caranya.
     Kalau ring atau cincin burung longgar, tarik ring ke atas dulu, kemudian kaki burung diplester melingkar. Kemudian turunkan ring pada posisi semula (di sebelah luar kaki yang sudah diplester.
     Setelah itu rekatkan lagi plester di kaki burung pada bagian atas dan bawah ring. Tujuan pemlesteran ini adalah melindungi kaki burung dari kemungkinan kikir meleset ketika digesek-gesekkan nanti.
     Jika ring ketat menempel di kaki sehingga tidak menyisakan ruang untuk pemasangan plester di antara ring dan kaki burung, maka pasangkan melingkar saja plester di bagian atas dan bawah ring.
Langkah berikutnya adalah pegang burung dan letakkan kaki burung pada jari kita dengan posisi sedemikian rupa sehingga bagian ring menghadap ke posisi paling mudah bagi kita untuk menggeser-geserkan kikir.
     Geser-geserkan kikir searah kaki burung (arah menyilang/potong ring) pada bagian yang sudah kita pilih. Lakukan hal itu tidak secara marathon.a Artinya, kalau dalam waktu satu menit ring belum putus, berhenti dulu. Kalau Anda lanjutkan, bisa2 kaki burung jadi setengah matang karena ring yang digesek kikir terus-menerus akan menjadi panas. Kalau perlu, tetesi ring dengan air. Setelah dingin, lanjutkan lagi gesek kikirnya.
     Setelah satu sisi ring putus, lakukan hal yang sama untuk sisi sebaliknya.
Sebab, kalau yang putus hanya satu sisi, tetap saja tidak akan bisa dibuka dengan mudah dengan tang atau alat apapun tanpa menimbulkan risiko besar tergoresnya kaki burung atau pecahnya tulang kaki burung. Setelah satu sisi lain putus, ya sudah, lepaslah ring dari kaki burung.
     Sepertinya masalah memotong ring di kaki burung adalah permasalahn sepele. Tetapi jika Anda tidak tahucaranya akan berakibat fatal pada kaki burung Anda. Waspadalah…

- Semoga bermanfaat -








Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini

0 comments:

Post a Comment