Blogger news

Active Search Results

Tuesday, July 17, 2012

Cara memotong kuku dan paruh kenari

cara memotong kuku kenari 
Cara memotong kuku atau paruh burung kenari

Burung kenari yang beranjak dewasa biasanya, dengan bertambah usianya, di ikuti pula dengan bertambah panjangnya kuku atau paruh kenari.
Para penangkar atau penghobi burung kenari sering kali mengeluhkan tentang kuku atau paruh burung kenari mereka yang terlalu panjang.
Selain burung kenari tidak sedap di pandang mata,kuku burung kenari yang terlalu panjang sering menyebabkan kuku kenari "menyakut/nyantel"dijeruji sangkar dan dapat membahayakan keselamatan kenari.
sementara untuk paruh yang memanjang pada bagian ujungnya seringkali menyebabkan burung kenari kesulitan dalam mematuk pakan.
Bahkan ada burung kenari yang selalu "meleset" dikarenakan antara paruh atas dan bawah tidak menutup pada titik vertikal yang sama.
burung kenari yang kita pelihara/yang ada didalam sangkar Berbeda dengan burung kenari yang ada di habitat aslinya,burung kenari peliharaan di sangkar memiliki kuku dan paruh yang memanjang karena dia tidak perlu lagi mengorek-ngorek atau mencari makan dengan kaki maupun paruhnya.
Dan juga tenggeran atau benda-benda apapun yang ada di dalam sangkar relatif sudah halus sehingga tidak menyebabkan kuku atau paruh terkikis.
Hal itu berbeda dengan burung kenari yang ada di habitat aslinya, yang sering kali bertengger atau mematuk-matuk benda keras apakah itu batu,kayu ataupun benda-benda yang keras dengan permukaan yang sama sekali tidak halus.
Berkaitan dengan permasalah itu,perlulah kiranya para penangkar/penghobi burung kenari lebih rajin lagi memelihara kondisi kuku dan paruh kenari.
antara lain dengan cara memotong atau menumpulkannya.

alat-alat yang diprsiapkan
memotong dengan alat




Berikut ini peralatan yang harus disiapkan untuk melakukan
pemotongan kuku atau paruh kenari :

  • Untuk burung kenari yang masih muda bisa kita gunakan gunting kuku untuk manusia.Sedangkan untukburung kenari yang telah dewasa atau kenari yang sudah sangat tua bisa kita siapkan pemotongkuku hewan kecil (biasanya digunakan untuk perawatan anjing dan kucing),yakni NAIL TRIMMER atau GRINDA putar yang kecil untuk mengasah atau menumpulkan.
  • Ambril atau amplas.
  • Sarung tangan (apa bila di butuhkan
  • Siapkan larutan silver nitrat(AgNO2) atau larutan ferric subsulfat[Fe2(S)2)3] dan batang berkapas (bisa juga cotton bud).Larutan ini kita siapkan bilamana terjadi pendarahan pada kuku atau paruh yang kita akan potong.Apabila tidak tersedia larutan itu bisa juga kita siapkan :
  • Kopi bubuk yang tidak mengandung gula
  • Larutan iodium atau bisa juga obat antiseptik yang bisa dengan mudah kita beli di pasaran.

bagian yang harus di potong













Tata cara memotong kuku atau paruh bisa di lakukan sebagai berikut :


  • Lakukan pemotongan kuku dan paruh kenari di ruangan tertutup hal ini untuk berjaga-jaga siapa tahu burung kenari yang saat kita akan potong kuku dan paruhnya terlepas
  • Pegang burung dari arah punggungnya.usahakan jangan sampai leher terputar dan usahkan pula Anda tidak memegang ataumenekan daerah dada pada burung kenari yang belum jinak atau burung yang masih liar/terlalu lincah,apabila burung kenari yang kita pegang terlalu di tekan pada bagian dada dapat menyebabkan burung kesulitan bernafas dan bisa menyebabkan kematian.
  • Potong atau tumpulkan kuku atau paruh dengan pemotong kuku untuk manusia atau gerinda yang telah disiapkan 2-3 mmke arah ujung (distal) dari batas kuku atau tulang yang "hidup"bila kita tidak dapat mengetahui mana kuku atau paruh yg hidup kita bisa terawang lewat lampu ygberwarna merah atau kelihatan ada darahnya itu yang hidup.

cara yang salah
           cara yang benar












PERHATIAN

(perhatikan perbedaan warna.antara tulang / kuku / paruh yang hidup dan mati yang hidup berwarna cerah, sedangkan yang mati berwarna agak keruh).

  • Jika Anda memotong kuku atau paruh kenari yang berwarna hitam harus lebih berhati-hati karena batas kuku atau paruh yang hidup dan mati sering sulit diamati.
  • Jika ini yang terjadi dan Anda tidak yakin batas mana yang ingin di potong maka sebaiknya di lakukan penumpulan saja bisa pakai dengan gerinda putar kecil atau bisa pula dengan amplas.
  • Jika Anda telah selesai memotong kuku atau paruh, rabalah. Jika bekas potongan terlalu tajam, Anda bisa mengamplasnya secara perlahan (agar burung tidak ngilu dan stres).
  • Jika burung terluka karena pemotongan mengenai kuku atau paruh yang hidup dan terjadi pendarahan, segera Anda teteskan larutan obat yang sudah di sediakan, atau yang saya praktek kan memakai kopi bubuk untuk menghentikan pendarahan
  • Pastikan darah tidak mengalir terus dari bagian yang terluka.

Demikian tips memotong paruh dan kuku burung.
Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi para penangkar atau penghobi burung kenari.












Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini


0 comments:

Post a Comment