Blogger news

Active Search Results

Saturday, July 21, 2012

Single atau double ring pada kaki kenari



     Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang arti peng-code-an ring atau cincin pada kaki kenari Para penangkar Kenari biasanya memberikan identifikasi pada tangkarannya berupa ring / cincin. Identifikasi itu biasanya berbentuk ring / cincin yang di pasangkan di kaki kenari oleh para penangkar, setelah beberapa hari menetas kurang dari 10 hari pada kaki kiri atau kanan adapun para penangkar kenari yg memasangkan ring / cincin di kedua kaki anakan burung kenari.
Para penangkar kenari memasangkan ring / cincin pada hasil tangkarannya bertujuan untuk :



  • membedakan antara kandang yang satu dengan yang lain atau indukan yang satu dengan indukan yang lain.
  • Memudahkan, mengetahui silsilah keturunannya
  • agar orang yang membeli mengetahui kalau itu dari hasil tangkaran siapa, dan juga agar mereka tahu hasil tangkaranya itu dari hasil garis keturunan yang baik atau burung yang ditangkarkannya memang dari burung-burung yang memang kualitas bagus / menang lomba.
Ring atau cincin pada kaki kenari biasanya :

  • Berbentuk bulat
  •  Berdiameter simetris dengan kaki burung jika dewasa
  • Tidak dapat copot / lepas
  • Ringan dan juga tidak mengganggu aktifitas burung
     Ring atau cincin dibuat beraneka ragam warna dan bertuliskan identitas seperti ; code identitas penangkar, nomor produksi,tahun kelahiran, grub atau kelompok.
Secara Yuridis formal di Negara Indonesia, penggunaan ring / cincin itu sendiri belum ada ketentuan dan standar yang baku.
    Jadi sah-sah saja apabila para penangkar membuat warna-warni ciri identitas tangkarannya.
Code atau identitas pada ring / cincin yang dipakai pada hasil tangkaranya, akan populer apabila hasil tangkaranya menjadi juara dalam loba.
    Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita ikut andil dalam melestarikan alam dari kepunahan kicau merdu burung liar, sebagai akibat ekses eksploitasi brutal dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap burung-burung di habitatnya.
Akan lebih bijak lagi apabila di dalam setiap perlombaan burung, yang akan di lombakan di wajibkan memakai ring / cincin sebagai wujud sumbangsi para penghobi burung Indonesia ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam.

     Pada hakekatnya para penangkar kenari memasangankan ring atau cincin pada anakan burung kenari bertujuan :

  • Ring sebagai sertifikat keasliaan hasil penangkaran dari jenis atau crossing tertentu.
  • Ring merupakan prestise dari penangkar.
  • Ring merupakan, peran aktif penangkar / penghobi dalam ikut serta melestarikan burung dari kepunahan


     Bahan Ring atau cincin terbuat dari :aluminium yang ringan, tetapi sekarang dijumpai pula selain
menggunakan aluminium menggunakan plastik (berbahan sejenis karet).

Para penangkar kenari pada prinsipnya mengidentifikasikan ring atau cincin secara umum memuat :

  • Nama bird farm atau pemilik bird farm.
  • Nama atau code identitas penangkar ada yang langsung digabungkan di satu ring, akan tetapi ada pula yang dipisahkan secara tersendiri di kaki sebelahnya.
  • Nomor urut produksi kenari
  • Nomor urut ini berupa code produksi, nomor kandang dan diurutkan menjadi satu, akan tetapi ada juga yang membedakan nomor kandang dengan ring yang berbeda warna.
  • Memuat nama Grub, kelompok atau organisasi

Peng-Code-an atau indentifikasi ring atau cincin pada kaki Kenari ada 2 (dua) jenis yaitu :

Single Ring

Ring tunggal atau "single Ring" pada satu kaki kenari biasanya bertertuliskan  :

  • Code identitas Penangkar
  • Nomor urut produksi
  • Tahun kelahiran
  • Grub atau kelompok

Double Ring

Sistem double ring Sistem ganda atau "Double ring" biasanya bertuliskan :

  • Code identitas penangkar
  • Nomor urut produksi
  • Tahun kelahiran Sedang pada kaki yang lain lazimnya memuat
  • Grub atau Kelompok.


     Tetapi beda halnya dengan kenari impor biasanya doubel ring / cincin di salah satu kaki merupakan sertifikasi kelayakan untuk impor dan biasanya ring sertifikasi ini dapat dilepas/dicopot.
Bila kita mengacu kepada Negara Inggris yang telah memiliki Undang-undang konserfasi Perlindungan unggas, Ring atau cincin pada burung merupakan kewajiban, orang tidak boleh menjual atau memelihara burung yang ada di wilayah Inggris tanpa memakai ring / cincin.
     Ring atau cincin merupakan tanda bahwa burung itu adalah burung tangkaran, bukan burung tangkapan liar atau burung yang dilindungi.
    Akankah di negara kita " indonesia " mempunyai konsep seperti di negara inggris....???
Jadi pastikan mulai sekarang beli atau peliharalah burung kicau yg memakai ring atau cincin dengan begitu kita ikut andil dalam melestarikan burung kicau di habitatnya.

Seperti moto dari blog ini :
Mari lestarikan burung kicau indonesia dengan membeli langsung dari penangkarnya.








Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini


Tuesday, July 17, 2012

Cara memotong kuku dan paruh kenari

cara memotong kuku kenari 
Cara memotong kuku atau paruh burung kenari

Burung kenari yang beranjak dewasa biasanya, dengan bertambah usianya, di ikuti pula dengan bertambah panjangnya kuku atau paruh kenari.
Para penangkar atau penghobi burung kenari sering kali mengeluhkan tentang kuku atau paruh burung kenari mereka yang terlalu panjang.
Selain burung kenari tidak sedap di pandang mata,kuku burung kenari yang terlalu panjang sering menyebabkan kuku kenari "menyakut/nyantel"dijeruji sangkar dan dapat membahayakan keselamatan kenari.
sementara untuk paruh yang memanjang pada bagian ujungnya seringkali menyebabkan burung kenari kesulitan dalam mematuk pakan.
Bahkan ada burung kenari yang selalu "meleset" dikarenakan antara paruh atas dan bawah tidak menutup pada titik vertikal yang sama.
burung kenari yang kita pelihara/yang ada didalam sangkar Berbeda dengan burung kenari yang ada di habitat aslinya,burung kenari peliharaan di sangkar memiliki kuku dan paruh yang memanjang karena dia tidak perlu lagi mengorek-ngorek atau mencari makan dengan kaki maupun paruhnya.
Dan juga tenggeran atau benda-benda apapun yang ada di dalam sangkar relatif sudah halus sehingga tidak menyebabkan kuku atau paruh terkikis.
Hal itu berbeda dengan burung kenari yang ada di habitat aslinya, yang sering kali bertengger atau mematuk-matuk benda keras apakah itu batu,kayu ataupun benda-benda yang keras dengan permukaan yang sama sekali tidak halus.
Berkaitan dengan permasalah itu,perlulah kiranya para penangkar/penghobi burung kenari lebih rajin lagi memelihara kondisi kuku dan paruh kenari.
antara lain dengan cara memotong atau menumpulkannya.

alat-alat yang diprsiapkan
memotong dengan alat




Berikut ini peralatan yang harus disiapkan untuk melakukan
pemotongan kuku atau paruh kenari :

  • Untuk burung kenari yang masih muda bisa kita gunakan gunting kuku untuk manusia.Sedangkan untukburung kenari yang telah dewasa atau kenari yang sudah sangat tua bisa kita siapkan pemotongkuku hewan kecil (biasanya digunakan untuk perawatan anjing dan kucing),yakni NAIL TRIMMER atau GRINDA putar yang kecil untuk mengasah atau menumpulkan.
  • Ambril atau amplas.
  • Sarung tangan (apa bila di butuhkan
  • Siapkan larutan silver nitrat(AgNO2) atau larutan ferric subsulfat[Fe2(S)2)3] dan batang berkapas (bisa juga cotton bud).Larutan ini kita siapkan bilamana terjadi pendarahan pada kuku atau paruh yang kita akan potong.Apabila tidak tersedia larutan itu bisa juga kita siapkan :
  • Kopi bubuk yang tidak mengandung gula
  • Larutan iodium atau bisa juga obat antiseptik yang bisa dengan mudah kita beli di pasaran.

bagian yang harus di potong













Tata cara memotong kuku atau paruh bisa di lakukan sebagai berikut :


  • Lakukan pemotongan kuku dan paruh kenari di ruangan tertutup hal ini untuk berjaga-jaga siapa tahu burung kenari yang saat kita akan potong kuku dan paruhnya terlepas
  • Pegang burung dari arah punggungnya.usahakan jangan sampai leher terputar dan usahkan pula Anda tidak memegang ataumenekan daerah dada pada burung kenari yang belum jinak atau burung yang masih liar/terlalu lincah,apabila burung kenari yang kita pegang terlalu di tekan pada bagian dada dapat menyebabkan burung kesulitan bernafas dan bisa menyebabkan kematian.
  • Potong atau tumpulkan kuku atau paruh dengan pemotong kuku untuk manusia atau gerinda yang telah disiapkan 2-3 mmke arah ujung (distal) dari batas kuku atau tulang yang "hidup"bila kita tidak dapat mengetahui mana kuku atau paruh yg hidup kita bisa terawang lewat lampu ygberwarna merah atau kelihatan ada darahnya itu yang hidup.

cara yang salah
           cara yang benar












PERHATIAN

(perhatikan perbedaan warna.antara tulang / kuku / paruh yang hidup dan mati yang hidup berwarna cerah, sedangkan yang mati berwarna agak keruh).

  • Jika Anda memotong kuku atau paruh kenari yang berwarna hitam harus lebih berhati-hati karena batas kuku atau paruh yang hidup dan mati sering sulit diamati.
  • Jika ini yang terjadi dan Anda tidak yakin batas mana yang ingin di potong maka sebaiknya di lakukan penumpulan saja bisa pakai dengan gerinda putar kecil atau bisa pula dengan amplas.
  • Jika Anda telah selesai memotong kuku atau paruh, rabalah. Jika bekas potongan terlalu tajam, Anda bisa mengamplasnya secara perlahan (agar burung tidak ngilu dan stres).
  • Jika burung terluka karena pemotongan mengenai kuku atau paruh yang hidup dan terjadi pendarahan, segera Anda teteskan larutan obat yang sudah di sediakan, atau yang saya praktek kan memakai kopi bubuk untuk menghentikan pendarahan
  • Pastikan darah tidak mengalir terus dari bagian yang terluka.

Demikian tips memotong paruh dan kuku burung.
Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi para penangkar atau penghobi burung kenari.












Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini


Sunday, July 15, 2012

Memasang ring pada kaki burung kenari


     Cara memasang ring pada kaki burung kenari
Pemasangan ring pada burung kenari dilakukan pada saat anakan kenari berumur 5 – 10 hari. Jika pemasangan ring dilakukan setelah kenari remaja/dewasa dan dipaksakan akan menyebabkan luka pada kaki burung, bahkan dapat berujung pada kematian. Bila ring dipasangkan pada kenari remaja/dewasa dengan ukuran diameter ring lebih besar tentunnya bisa saja, tapi beresiko mengurangi kepercayaan terhadap breeder dan bagi burung itu sendiri akan mengganggu jari-jarinya karena cincin akan selalu jatuh ke bawah di atas jari jari burung.


Teknik atau langkah-langkah pemasangan ring atau cincin pada pada kaki kenari :
  • Siapkan ring/cincin yang akan dipasangkan.


  • pada anakan kenari yang berusia 5 - 10 hari pegang kaki anakan burung kenari yang akan di pasangkan ring / cincin dengan sangat berhati - hati dan sefleksibel mungkin karna "(tulang kaki anakan kenari masih sangat rawan patah)", jangan terlalu di tarik, pastikan burungdalam keadaan kenyang, untuk menghindari gerakan - gerakan yang dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan.


  • masukkan ring pada ketiga jari anakan burung yang paling depan secara perlahan."( pastikan identitas ring jangan sampai terbalik )"



  • Lalu geser keatas melewati jari ke empatnya dengan perlahan - lahan, bila ukuran kaki anakan kenari terlalu besar dan jika ring sulit untuk digeser, sebaiknya pemasangan ring di usahakan memberi pelicin pada ring atau kaki anakan kenari berupa handbody, beby oil, minya kelapa, atau semacamnya, bila masih sulit untuk digeser maka jangan dipaksa berarti umur burung sudah terlampaui untuk diberi ring.



  • jika tidak adahambatan sewaktu menggeser ring, geser ring hingga terlepas dari jari ke empat.



  •  jika jari kaki ke empat sulit untuk dibengkokkan, usahakan untuk memutar ring secara perlahan.



  • pastikan jari ke empat burung tidak terjerat ring. posisikan kaki pada posisi yang benar.



  • Bila ukuran kaki anakan kenari agak besar, sebaiknya pemasangan dibantu dengan mengoleskan kaki dan ring dengan ; hand body atau baby oil atau minyak tawon


  • Jika pemasangan ring telah selesai, amati anakan kenari yang telah terpasang ring/cincin selama 1 minggu agar ring/cincin tidak merosot keluar. Hal ini penting karena aktifitas anakan kenari dapat mengeluarkan ring/cincin tetapi hanya sebatas pergelangan jari, bila hal ini terjadi segera mungkin masukan kembali ring tersebut keposisi semula. Jika hal ini di biarkan akan menyebakan cacat permanen pada jari setelah kemari besar pada bagian jari kaki kenari.


Berikut Gambarnya :


Photobucket                 

Cara memotong ring pada kaki burung kenari
     Dalam kondisi tertentu, misalnya kaki burung timbul kerak atau membesar, maka cincin atau ring burung hasil penangkaran akan menimbulkan gangguan yang serius. Oleh karena itu ring seperti itu harus dipotong.
     Dalam memotong cincin atau ring burung ini tidak boleh asal-asalan. Sebab, kecerobohan bisa berakibat fatal pada kaki burung.
     Pemotongan cincin atau ring bisa memakai tang pemotong kawat biasa jika ring berbahan logam tipis. Kalau tebal, dapat kita gunakan kikir besi karena penggunaan tang tidak akan bisa karena beresiko kaki burung akan ikut terpotong, begitu pula dengan penggunaan gergaji sama beresiko juga. Untuk menghindari resiko cacat pada kaki burung, saya lebih suka memasang ring yang berbahan logam tipis.

Cara pemotongan
     Berdasar pengalaman selama ini, alat pemotong logam cincin burung yang efektif adalah kikir besi. Tetapi apa pun alatnya, yang lebih penting lagi adalah caranya.
     Kalau ring atau cincin burung longgar, tarik ring ke atas dulu, kemudian kaki burung diplester melingkar. Kemudian turunkan ring pada posisi semula (di sebelah luar kaki yang sudah diplester.
     Setelah itu rekatkan lagi plester di kaki burung pada bagian atas dan bawah ring. Tujuan pemlesteran ini adalah melindungi kaki burung dari kemungkinan kikir meleset ketika digesek-gesekkan nanti.
     Jika ring ketat menempel di kaki sehingga tidak menyisakan ruang untuk pemasangan plester di antara ring dan kaki burung, maka pasangkan melingkar saja plester di bagian atas dan bawah ring.
Langkah berikutnya adalah pegang burung dan letakkan kaki burung pada jari kita dengan posisi sedemikian rupa sehingga bagian ring menghadap ke posisi paling mudah bagi kita untuk menggeser-geserkan kikir.
     Geser-geserkan kikir searah kaki burung (arah menyilang/potong ring) pada bagian yang sudah kita pilih. Lakukan hal itu tidak secara marathon.a Artinya, kalau dalam waktu satu menit ring belum putus, berhenti dulu. Kalau Anda lanjutkan, bisa2 kaki burung jadi setengah matang karena ring yang digesek kikir terus-menerus akan menjadi panas. Kalau perlu, tetesi ring dengan air. Setelah dingin, lanjutkan lagi gesek kikirnya.
     Setelah satu sisi ring putus, lakukan hal yang sama untuk sisi sebaliknya.
Sebab, kalau yang putus hanya satu sisi, tetap saja tidak akan bisa dibuka dengan mudah dengan tang atau alat apapun tanpa menimbulkan risiko besar tergoresnya kaki burung atau pecahnya tulang kaki burung. Setelah satu sisi lain putus, ya sudah, lepaslah ring dari kaki burung.
     Sepertinya masalah memotong ring di kaki burung adalah permasalahn sepele. Tetapi jika Anda tidak tahucaranya akan berakibat fatal pada kaki burung Anda. Waspadalah…

- Semoga bermanfaat -








Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini

warna ring pada burung kenari

Warna dan Kode ring pada burung kenari



Kode pada ring burung adalah merupakan identitas penangkar. Kode pada ring dapat meliputi warna, huruf, dan angka yang semuanya memiliki arti tersendiri. Ring pada kaki burung yang memiliki variasi kode-kode tertentu sering kita jumpai pada burung kenari impor. Beberapa kelompok peternak tertentu sudah mulai membuat identitas yang mewakili kelompok, hal ini sudah merupakan angin segar pada dunia penangkaran, berarti paling tidak sudah terjalin adanya kekompakan dan kerjasama. Lalu bagaimana dengan warna, seperti telah disepakati oleh Konsorsium Internasional Ornitologi warna dibedakan setiap tahunnya sehingga pada burung burung impor warna ring selalu berbeda setiap tahunnya.


Berikut kode warna ring dalam 36 tahun terakhir:

1998 Biru      2005 Hijau    2012 Merah 
1999 Emas    2006 Merah 2013 Hitam
2000 Hijau    2007 Hitam   2014 Hijau 
2001 Merah 2008 Biru      2015 Ungu 
2002 Hitam  2009 Ungu     2016 Emas
2003 Biru     2010 Orange 2017 Biru 
2004 Emas   2011 Biru      2018 Merah

Dalam pengkodean ring ditemukan pula kode beberapa negara seperti sebagai berikut:


D : Jerman
NL : Belanda
E : Spanyol
P : Portugal
B : Belgia
F : Perancis
GB : Inggris
YV : Venezuela
CO : Columbia
BR : Brasil
A : Australia
CH : Ania Australia
GR : Yunani
TR : Turki
CY : Siprus





Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini

Kode NEGARA pada Ring Kenari Import


RING MENUNJUKKAN NEGARA ASAL BURUNG ( Burung Import )
Kode NEGARA pada Ring Kenari Import

JERMAN :
DKB : Deutscher Kanarie und Vogelzüuchter-Bund e.V.
AZ : Vereinigung für Artenschutz, Vogelhaltung und Vogelzucht e. V.
VZE : Vereinigung für Zucht und Erhaltung einheimischer und fremdländischer Vögel

AUSTRIA :
OKB : Österreichischer Kanarienzüchter und Vogelliebhaberbund.
ROK : Rassezucht österreichischer Kleintierzüchter.

BELGIA :
AOB : Koninklijke Algemene Ornithologische Bond van België
A.Vi.Bo : Algemene Vinkeniers Bond Aviornis International
B.G.C : Belgische Grasparkietenclub
B.P.C : Belgische Postuurkanarie Club Club Belge de canaris de posture 
B.V.A : Belgische Vereniging Agapornieden
B.v.L.L : Belgische Vereniging van Lori’s en Loriculus
F.O.W : Fédération Ornithologique Wallonne
K.B.F.K : Koninklijke Belgische Federatie van Kanarieliefhebbers
K.B.O.F : Koninklijke Belgische Ornithologische Federatie
K.B.S : Koninklijke Belgische Samenwerking
F.R.B : Fédération Royale Belge de coopération
K.E.V : Kweekgroepen Europese Vogels
K.N.B.B : Koninklijke Nationale Bond van Belgie voor Waterslagers
P.F : Parkietenfederatie
W.P.C : West-Vlaamse Parkietenclub

BOSNIA-HERCEGOVINA
BH : Savez Uzgajivaca Ptica Bosna i Hercegovina

BRASIL :
FOB : Federaçao Ornitógica do Brasil

BULGARIA : 
BG : Association Bulgare d’Oiseaux Décoratifs

CANADA :
A.E.O.M : Canada Association des Eleveurs d’Oiseaux de Montréal

CHILI  :
SOCH : Sociedad Ornitologica Chilena

CHYPRUS :
Cyprus Canary Association

COLOMBIA :
FOC : Federacion Ornitologica Colombiana
A.C.R.O.C : Asociacion de Canaricultores y Ornitofilos de Colombia

KROASIA :
HR : Harvatski Ornitoloski Savez

CUBA :
A.N.O.C. : Asociacion Nacional Ornitologica de Cuba

DENMARK :
JFKK : Jydsk Fynsk Kanarieklub
DKX : Dansk Kanarieopdrætter Klub
DZK : Dansk Zebrafinke Klub

SPANYOL :
E2 : Federación Ornitológica Cultural y Deportiva Española (F.O.C.D.E.)
E3 : Federación Ornitológica Española. (F.O.E.)
E4 : Federación Ornitológica Catalana Cultural Deportiva (F.O.C.C.D.).
E5 : Federación Balear de Ornitologia (F.B.O.)
E6 : Federación Ornitológica Regional Catalana (F.O.R.C.)
E7 : Federación Ornitológica Comunidad Valenciana (F.O.C.VA.)
E8 : Federación Ornitológica Andaluza (F.O.A.)
E9 : Federación Ornitológica Regional Gallega (F.O.R.G.).
E10 : Federación Ornitológica Comunidad de Madrid (F.O.CO.MA.)
E11 : Federación Ornitológica Comunidad Murciana (F.O.C.M.)
E12 : Federación Ornitológica Comunidad Castilla la Mancha (F.O.C.C.MA.)

PERANCIS :
UOF : Union Ornithologique de France
FFO : Fedération Français Ornithologique
CDE : Club des Exotiques

INGGRIS / GREAT BRITTAIN :
IOA : International Ornithological Association COM GB
BBC : British Bird Council
CCBA : Canary Colour Breeders Association
LCA : Lizard Canary Association of Great Britain
CCC : Crested Canary Club
WFS : Waxbill Finch Society

GRÈCE :
EOO : Greek Ornithological Federation
FOP : Panellinia Omospondia Ornithologias

HONGARIA :
MDOSZ : Magyar Díszmadártenyésztõk Országos Szövetsége  
Confédération Nationale des Eleveurs d’Oiseaux d’Agrément Hongrois

IRLANDIA : 
EAO : Eire Ornithological Association COM Ireland

ISRAEL :
ILF : Israel Federation of Bird Breeders

ITALIA :
FOI : Federazione Ornicoltori Italiani
LUXEMBOURG : Fédération Luxembourgeoise d’Ornithologie

MACEDONIA :
OFM : Ornitoloska Federacija na Makedonija

ARGENTINA :
FOA

MALTE ( Malta ) :
BBA : Birds Breeders Association
MLT : Malta Cage Birds Association

BELANDA :
BEC : BEC (Belangenbehartiging Europese Cultuurvogels)
PS : Parkieten Societeit
NB : NBvV Nederlandse Bond van Vogelliefhebbers
AB : ANBvV Algemene Nederlandse Bond van Vogelhouders

PERU :
FOPE

POLANDIA :
P.F.O. : Polskiej Federacji Ornitologicznej

PORTUGAL :
FNP : Federacao Ornitologica Norte Portugal (FONP)
FPO : Federacao Portuguese Ornitologica (FPO)

SERBIA :
SRB : Savez organizacija za zastitu i odgoj ptica Srbija & Crna Gora

SLOVAKIA :
Slovensky Zväz Chovatelov Ustredny Vybor

SLOVÉNIA :
SLO : Z.D.V.V.P. Slovenije

SWISS :
CH

TCHÉQUIE ( Czechia ) :
ÈSCH : Èesky Svaz Chovatelu

TURKI :
The Canary & Cage Birds Federation

URUGUAI :
ACRU : Associacion Canaricultores Rolle

TAMBAHAN UMUM :
AAC : The Avicultural Advancement Council of Canada
AGY : Aviario Garcia Yonte
AKC : All Kyshu Canary Club  
ANB : Algemene Nederlandse Bond waterslager
ANS : AMERICAN NORWICH SOCIETY
AOB : Algemene Ornithologische Bond van Belgie
APA : Pan American Canary Culturists
ASC(AS) : American Singers Club
AWS : The American Waterslager Society
BB : mustache parrot
BFBS : The Budgerigar and Foreign Bird Society
BPC : Belgische Postuurkanarie Club
BS : red canary
CA : Central States Association
CAS : Cyprus Avicultural Society
CCA : Cyprus Canary Association
CCC : Columbia Canary Club
CCH : Chris Hardwick
CFA : International Columbus Fancy Society
CFS : Canary and Finch Society(Huston)
COM-USA : COM-USA Inc.
CS : Central States Roller Canary Association
CT : la royal canaria de tourises
DA : Dominion Roller canary Association
DAS : Durham Avicultural Society
EZ : CLUB MALINOIS VALENCIA
FBA : Florida Breeders Association
FCF : FLORIDA CANARY FANCIERS
FIS : Fife Fancy Improvement Society - Australia
FL : white/grey with yellow crest
GC : Greater Chicago Cage Bird Club
HC : Hokkaido Canary association
HCC : Hashimoto Shichoen
HCF : Honolulu Canary and Finch Club
ICA : INTERNATIONAL CANARY ASSOCIATION
IFC : International Fife Club
IGBA : International Gloster Breeders Association
ISM : Internationale Studieclub Mozaieken
JIR : Japan International Roller Canary Association
JRC : Japan Red Canary Association
KBF : Royal Belgian Federation of Canary Lovers
KCC : Kings County Canary Club
LSC : Lone Star Canary Club
MO : Blue Gold Macaw


















Cari Artikel Seputar Burung yang Anda Inginkan Disini


Saturday, July 14, 2012

Istilah "F" Dalam kenari

Istilah Kenari:
lokal,impor, AF, F1, F2
Pertama-tama yang perlu di pahami mengenai "F " sendiri bisa diartikan sebagai keturunan.
Jika demikian F1 berarti merupakan keturunan ke 1 sedangkan F2 adalah keturunan ke 2 dan begitu seterusnya.
Namun tidak semua keturunan yang dihasilkan oleh sepasang indukan kenari dapat dikatakan demikian,simbol "F" ini dapat digunakan jika hasil keturunannya di dapat dari persilangan kenari, yang artinya adalah berasal dari perkawinan silang antara kenari dengan jenis yang berbeda. Jika dimulai dari hukum dasar makan F ini sebenarnya berasal dari hasil perkawinan antara 1 pasang indukan. Jadi mungkin gambarannya adalah begini :


P (parental) x P (parental) = F1 (ini berlaku dalam sistem hybrid ataupun perkawinan sesama jenis).


Dari teori diatas dapat diturunkan lagi menjadi sebuah "Family Tree" yang berasal dari indukan sesama
jenis misal :
(yorkshire x yorkshire) ataupun beda jenis (yorkshire x lizard, waterslager x blackthroat).
Sehingga menghasilkan F1 atau keturunan pertama.
Tentu saja F1 dari dua contoh perkawinan tersebut menghasilkan sifat genetika yang berbeda.
Secara umum F2 akan membawa sifat yang lebih random dalam perkawinan hybrida.
Namun istilah F sendiri masih terbilang rancu dan kurang spesifik dalam ranah peternakan kita sehingga kadang membuat orang bingung. Misalnya saja F1 dihasilkan dari perkawinan antara kenari yorkshire dengan kenari lokal dan F2 dihasilkan dari perkawinan kenari yorkshire dengan F1.
 Berikut ini penjelasan mengenai hasil keturunan dan persilangan kenari dengan acuan trah kenari yorkshire x lokal sebagai contoh fixed strain dan final strain:
~Perkawinan kenari yorkshire dengan kenari lokal (kenari besar dengan kenari kecil) menghasilkan F1
~F2 dihasilkan dari perkawinan antara kenari yorkshire (indukan dari F1) dengan kenari F1
~Hasil dari perkawinan antara kenari F2 dengan kenari indukan kenari F1 menghasilkan keturunan ke 3 atau yang disebut dengan F3.
Sumber lain mengatakan bahwa kenari F3 dapat dihasilkan dari perkawinan sesama keturunan F2
-F4 dihasilkan dari kenari F3 yang dikawinkan dengan salah satu induk dari F2
~Keturunan F4 jika dikawinkan dengan sesama keturunan F4 akan menghasilkan F5.
Keturunan ke 5 atau F5 bisa juga dihasilkan dari perkawinan antara F3 dan F4
~ Jika keturunan F5 dikawinkan dengan induk dari keturunan F4 maka akan menghasilkan F6 dan inilah yang disebut sebagai fixed strain
~Sebagai tambahan, kenari AF di hasilkan dari keturunan F1/F2 di kawinkan dengan kenari lokal atau kenari non fix strain dalam 3 tingkatan ke depan.
Dengan kata lain perkawinan sesama non fix strain akan menghasilkan keturunan yang disebut AF.
Catatan :
(indukan tidak hanya/harus dari kenari yorkshire saja melainkan dari semua jenis kenari,seperti : lanchasire, border,roller,gloster dll dengan acuan rumus keturunan yang sama pula).
Fixed strain sendiri dijelaskan sebagai suatu sifat permanen yang melekat pada kenari.
Dengan fixedstrain ini maka akan didapat sifat-sifat permanen yang meliputi volume suara,bentuk dan warna.
Jika selama ini kita sering mendapati kenari F1 dengan postur yang berbeda-beda itu di mungkinkan karena belum adanya fixed strain.
Final Strain,Static Strain dan Degradation.
Jika seandainya yorkshire di kawinkan dengan lokal (ys x lokal) maka sebutan yang umum untuk hasil keturunannya adalah F1 ys. Kita berandai bahwa F1 ys ini mewarisi 50% sifat dari ys dan selanjutnya F2 mewarisi 70%-75% sifat ys sedangkan F4 mewarisi lebih dari 90% sifat ys.
Kita akan mendapat static strain atau jenis statis jika perkawinan sesama F4 terjadi atau dengan kata lain F4 x F4. Jika F6=final strain maka dengan kata lain F6 itu bisa disebut sebagai jenis baru kenari.
Dalam perkembangannya peternak sering mengawinkan secara monohibrid yang misalnya saja F1 dikawinkan dengan F1. Adapun keterangan untuk menanggapi hal tersebut.
Jika F1 x F1 maka istilah umumnya anakannya akan disebut AF dimana hereditas fenotipe dari indukannya akan berkurang.
Jika F1 disilangkan dengan lokal maka istilah keturunannya akan disebut sebagai lokal super di mana degradasi sifat dari indukannya akan semakin terlihat.
Jika lokal super disilangkan dengan lokal maka anakannya akan di sebut sebagai lokal.
Dilema Nama Keturunan Perkawinan Kenari Saat ini yang menjadi banyak perdebatan adalah soal perkawinan monohibrid dimana sesema kenari yang belum final strain dikawinkan.
Misalnya saja tentang masalah nama dari keturunan F1 x F1, beberapa pendapat mengemukakan bahwa hasil dari perkawinan itu disebut AF. Dengan kata lain perkawinan sesama jenis non fix strain disebut
AF.
Asumsi ini diperkuat dengan teori gen hereditas fenotipe yang semakin luntur jika sesama non fix
strain dikawinkan, selain itu filial dari fixed strain (contoh yorkshire) (F) yang berada di depan biasanya adalah sebagai pengangkat pamor dan dianggap lebih tinggi. Namun beberapa sumber juga mencatat bahwa F1 x
F1 disebut F2, ini didasarkan pada F yang berarti Filial bersifat turun temurun, terus mana yang benar?
Beberapa peternak senior mengatakan kepada saya bahwa janganlah kita terlalu mempermasalahkan hal ini sebab di Indonesia sendiri masih dalam taraf setengah jalan yang artinya untuk menamai keturunan tersebut diperlukan pembuktian rantai keturunan secara rinci dan detail seperti halnya di luar negeri.
Adapun beberapa asumsi dan kerancuan yang teramat sangat membingungkan yang berkembang di kalangan peternak dan penghobi,
contohnya :
F1 x F1 = AF11. Ini dikarenakan F belum merupakan final strain
sehingga asumsinya adalah hasil perkawinan tersebut disebut AF. Angka sebelas/11 menunjukkan bahwa itu adalah hasil perkawinan antara sesama keturunan pertama. Jadi : F2 xF2 = AF22 dst.
Kenari disilangkan dengan blacktroat sehingga anakannya disebut blacken, kenapa tidak biasa disebut sebagai F1? ini dikarenakan pada perkembangannya peternak sering menyilangkan kenari yang sudah fixed strain ataupun belum fix strain dengan blackthroat.
Jika :
F1 ys x blackthroat makaanakannya akan disebut apa?
Mengawinkan sesama kenari yang belum fix strain namun berbeda jenis.
Misalnya saja hasil perkawinan antara :
yorkshire x lokal dikawinkan dengan hasil perkawinan lizard x waterslager,disebut apakah anaknya?
F1 ys x lizard,anakannya disebut apa?
Ys x lokal = F1 Lokal?
Untuk menjawab pertanyaan yang belum bisa dijawab secara rinci oleh beberapa teman saya yang sudah bertahun-tahun mendalami kenari ini, lebih baik kita jangan dipusingkan dengan itu. Setiap peternak memberi nama keturunannya dikarenakan untuk membuktikan silsilah dari keturunan tersebut.
Jika kita adalah seorang peternak yang menekuni bidang fix strain maka bisa jadi kita bisa membuktikan rantai regenerasi secara rinci,namun jika tidak maka asumsi yang beredar di masyarakat sekarang toh tidak seratus persen salah.
Jadi setiap peternak wajib mempertanggung jawabkan hasil dari ternakannya yang kemudian dapat menunjukkan mana indukannya.
Karena kita selama ini mengacu kepada pendekatan gen dominan dari indukan fixed strain maka dalam perjalanannya jika menyilangkan sesama non fixed strain akan terjadi kerancuan yang telah kita alami sekarang.
Jadi akan lebih baik kita melihat secara nyata tentang masalah kualitas si burung itu sendiri yang
meliputi postur,suara dan karakter.


mungkin hanya itu yg saya ketahui bilamana nanti saya menemu artikel yang lebih mudah dimengerti saya akan coba mengulas kembali tentang istilah "F".
Loading...